Tutorial Lengkap Belajar Motor Kopling (PEMULA) -->

Belajar Motor Kopling Standar Transmisi - Selamat datang pada tutorialkeren.com kali ini Admin agak share sedikit melenceng pada dunia otomotif namun ini cara penggunaan kendaraannya.Tentu saja sesuai judul yaitu belajar motor kopling standar hingga lancar menggunakan motor kopling, namun sebeulmnya Admin ingin meminta maaf karena tutorial ini hanya bergambar atau tidak dilengkapi video.

Teori Lengkap Belajar Motor Kopling Hingga Bisa
Teori Lengkap Belajar Motor Kopling


Admin yakin dengan penambahan sugesti dari Admin ini Anda yang ingin menguasai atau lancar menggunakan motor kopling pasti mengerti dengan apa yang akan Admin sampaikan.

Dari pengalaman Admin sendiri belajar motor kopling ini bahkan sebelumnya Admin belajar motor kopling hanya melalui sebuah teks saja tanpa video praktek pula. Karena yang penting dari diri kita sendiri untuk mau dan bisa menguasai motor kopling itu sendiri.

Jika Anda sebelumnya yang susah menggunakan motor gigi standar saja atau pun motor matic pastinya akan lebih memudahkan Anda dalam belajar motor kopling.

Langsung saja inilah teori belajar motor kopling sebelum menuju praktek mengemudinya..

Langkah - Langkah Mengendarai motor Kopling :

Transmisi motor gigi standar yaitu N-1-2-3-4-5-6
Namun untuk sistem transmisi kopling yaitu 1-N-2-3-4-5-6


1. Pastikan Anda sudah menyalakan starter mesin motor kopling Anda. Dan keadaan transmisi pada status N( Netral )

2. Tarik handle kopling tahan lalu masukan gigi 1 kearah depan. Untuk melakukan Gas.. iringi dengan melepas kopling secara perlahan

Teori Lengkap Belajar Motor Kopling Hingga Bisa


Suggestion : ( jangan melepas handle kopling secara spontan )

Ingat secara perlahan dengan di iringin memutar gas secukupnya sesuai dengan filling Anda.

3. Selanjutnya masuk ke gigi 2 , yaitu menarik kopling lagi dan memasukan gigi 2 dengan menarik gigi kebelakang

Teori Lengkap Belajar Motor Kopling Hingga Bisa


Suggestion : ( tarik gigi 2 agak dalam sekali saja agar tidak kembali ke posisi netral dipertengahan gigi 1 dan 2 ). Lalu gas sesuai filling Anda.

4. Untuk gigi selanjutnya 3-4-5-6 tarik gigi kebelakang juga untuk motor kopling standar.. dan memutar gas diiringin melepas handle kopling secara perlahan.


Selanjutnya, Bagaimana cara mengendarai motor kopling saat keadaan macet ?

- Anda bisa memakai gigi 1/2 sesuaikan dengan keadaan macet. Jika tidak terlalu macet bisa menggunakan gigi 2 , namun jika keadaan macet cukup ramai Anda bisa menggunakan gigi 1 tanpa perlu memutar gas.. cukup menekan setengah handle kopling motor akan berjalan dengan sendirinya..

Gambar :
Teori Lengkap Belajar Motor Kopling Hingga Bisa


Suggestion : ( Jangan lepas kopling saat macet jika motor tidak dalam keadaan Netral , cukup ditekan setengah )

- Jangan lupa persiapan dengan selalu berada pada posisi siap menge-rem.

Tahap tambahan : Bukan untuk dipraktekan hanya untuk berjaga. Bagaimana Jika mengerem mendadak dengan motor kopling ?

Kasus : Sekian banyak orang tidak jarang yang melakukan kelalaian saat mengendarai kendaraan bermotor ataupun mobil. Bisa saja saat sedang santai berjalan dengan motor kopling ada Seseorang yang mengerem mendadak di hadapan kita saat mengendarai motor kopling. Atau bisa juga Seseorang keluar masuk gang, pertigaan , perempatan tidak memberikan lampu SEN saat ingin berbelok masuk atau keluar.

Lalu bagaimana cara mengantisipasi jika Seseorang mendadak rem ?

- Pastikan Anda menginjak rem dan menarik rem depan perlahan.

Suggestion : ( Iringin dengan menurunkan gigi kedepan dengan terus menekan handle kopling, SESUAIKAN dengan kecepatan jangan memakai gigi besar seperti gigi 1 jika belum saatnya motor berjalan pelan )

- Sesuaikan dengan kecepatan .. sekali lagi saya katakan.

Tips tambahan belajar motor kopling :

1. Selalu menyesuaikan kecepatan.

2. Selalu siap akan hambatan.

3. Jika untuk penambahan gigi setiap perjalanan dengan motor kopling pastikan suara mesin terdengar agak halus atau tidak meraung ibarat singa. Dan ini membuktikan Anda mulai lancar belajar motor kopling.

4. Gunakan helm full face agar Anda lebih cepat bisa. Mengapa ? Karena tidak terfokus melihat handle kopling. Dan membuat Anda yang belajar motor kopling otomatis terbiasa berganti gigi menggunakan motor kopling.

5. Setiap penambahan gigi lebih mudah berganti gigi dengan mendengar suara mesin yang meraung sebelum mengganti transmisi motor ke tahap selanjutnya. Contoh : gigi satu digas full sampai mana batas kuatnya ? Jika sudah full pada berapa km kecepatan baru berganti gigi begitupun selanjutnya.

Sekian dahulu dari saya untuk tutorial belajar motor kopling standar, Kurang lebihnya mohon maaf artikel ini dibuat apa adanya sesuai pengalaman sendiri oleh Admin tutorialkeren.

Terimakasih.