Cara Berinternet Dengan Aman -->


Cara Berinternet Dengan Aman
Internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Tidak memandang golongan, bahkan digunakan oleh anak muda ataupun orang tua. Agar tidak tidak kebablasan ketika menggunakan, maka pahami benar mengenai cara berinternet dengan aman.

Tips Menggunakan Internet dengan Aman
Untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan, penting mengetahui cara berinternet dengan aman. Hal ini bukan tanpa alasan, karena ternyata menggunakan Internet banyak sekali dampaknya, baik untuk diri sendiri ataupun gadget yang sedang digunakan. Berikut beberapa tipsnya:

1.     Jangan Terlalu Mengekspose Informasi Pribadi
Agar tidak disalah gunakan oleh pihak lain, maka jangan terlalu mengekspos informasi pribadi di Internet. Karena banyak sekali kasus penipuan yang menggunakan data palsu. Sehingga, bisa jadi data Anda dicuri untuk dimanfaatkan dengan cara yang tidak benar.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka isikan data diri secukupnya sesuai petunjuk website atau aplikasi. Dengan begitu, data Anda akan tetap terjaga dan berselancar diinternet bisa lebih terasa tenang dan juga aman.

2.     Lebih Selektif dalam Membuka Website atau Aplikasi
Agar menjelajah di dunia internet tidak terasa membahayakan, maka lebih selektiflah dalam membuka website ataupun memilih aplikasi. Di zaman sekarang ini banyak website ataupun link yang diciptakan secara illegal, salah saja Anda memasukinya maka akun yang digunakan bisa terancam kebobolan.

Belum lagi jika di dalamnya terdapat sebuah virus, bukan hanya akun Anda yang akan terkena tetapi juga gadget yang digunakan bisa rusak sistemnya. Untuk menghindari hal ini, maka jangan membuka website melalui link yang mencurigakan.

3.     Jangan Menggunakan Password yang Terlalu Mudah
Menggunakan password bisa membantu Anda meningkatkan keamanan dalam menggunakan internet, baik untuk password ponsel ataupun akun yang sedang digunakan. Pasalnya dengan menggunakan kata sandi seperti ini maka orang lain tidak bisa dengan mudah membobolnya.

Namun demikian, jangan menggunakan kata sandi yang terlalu mudah, gunakan perpaduan huruf kecil dan capital, angka ataupun symbol-simbol lainnya. Karena kata sandi ini merupakan garda terdepan yang bisa menghalangi hacker mengakses internet Anda.

4.     Jangan Install Aplikasi Sembarangan
Selanjutnya, jangan mencoba untuk menginstall aplikasi yang tidak jelas sumbernya. Tidak ada yang tau jika suatu ketika apikasi tersebut hanya ingin menyebarkan malware kepada siapa saja yang mengaksesnya. Belum lagi data Anda juga akan terancam keamanannya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka install aplikasi dari situs atau platform resmi, contohnya seperti Google Play dan App Store lainnya. Karena melalui patform tersebut, biasanya aplikasi yang bisa diakses sudah melaui banyak prosedur dan seleksi.

Internet memberikan banyak manfaat untuk memberikan berbagai informasi kepada masyarakat. Dengan mengetahu cara berinternet dengan aman ini, maka diharapkan semua pihak lebih berhati-hati dan teliti, karena lengah sedikit saja dampaknya akan sangat merugikan.